Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Kare Kambing Pasar Turi
Handphone-PDA Elektronik komputer-Perangkat Lunak
jasa Rent Car jasa pembuatan website Jasa Fotografi jasa pembuatan desain grafis
Movie Musik movie Box office musik Terlaris
Monday, September 9, 2013 | 8:57 PM | 0 Comments

3 Tips Penting Sebelum Menjadikan Bisnis Anda Sebagai Usaha Franchise

usaha franchise. Dengan menjadikan bisnisnya sebagai sebuah franchise, pemilik usaha dapat berekspansi ke berbagai lokasi dengan biaya yang relatif minim, dan mendapatkan royalti dari franchisee (orang yang membeli lisensi usaha Anda).

Sudah banyak usaha berhasil berekspansi dan berkembang dengan menjadi sebuah usaha franchising. Mulai dari usaha makanan, salon kecantikan sampai usaha ritel, franchise menjadi sebuah jalan kesuksesan mereka. Apaka Anda ingin usaha Anda menjadi sebuah franchise yang sukses seperti McDonald, Alfamart, Indomart, dan J-Co?

Jika ya, maka Anda harus menjawab tiga pertanyaan penting berikut sebelum memutuskan untuk menjadikan bisnis Anda sebagai sebuah franchise.


1. Apakah usaha Anda memiliki rekam jejak (track record) keuntungan ?
Banyak pengusaha baru yang langsung memutuskan untuk melisensikan usahanya tanpa berpikir panjang. Namun pengusaha yang cerdas akan mencari kepastian sebelum memutuskan hal demikian. Jangan berpikir hanya dengan membuka satu usaha di satu lokasi selama 6 bulan lantas Anda bisa langsung menjadikan usaha Anda sebagai franchise

Memang tak ada aturan baku tentang berapa lama Anda harus menunggu sebelum menjadikan bisnis Anda sebagai sebuah franchise, tetapi yang pasti Anda perlu memiliki track record finansial yang Dokumen Keterbukaan Finansial yang Anda berikan kepada calon franchisee harus secara transparan memberikan gambaran jelas apa yang akan didapatkan oleh mereka. Anda juga harus siap menjawab secara jujur semua pertanyaan tentang usaha Anda termasuk masalah hukum, perijinan dan testimonial dari klien.


2. Apakah usaha Anda menawarkan sesuatu yang baru?
Meskipun usaha Anda menjual hal yang sama dengan usaha lain, namun untuk menarik para franchisee Anda harus menwarkan sesuatu yang baru dan beda.

Bisa jadi usaha Anda melayani niche market tertentu. Mungkin Anda menwarkan cara baru untuk menciptakan produk yang sama. Mungkin usaha Anda menawarkan sebuah layanan yang tak diberikan oleh para pesaing Anda. Apapun itu, usaha Anda wajib memilikinya, apalagi jika produk yang Anda tawarkan adalah produk yang populer yang sudah banyak ditawarkan oleh usaha-usaha lainnya. Kebaruan dan perbedaan adalah kunci sukses anda menarik perhatian calon franchisee.

3. Mampukan Anda untuk melepaskan usaha Anda?
Ini mungkin pertanyaan dan ujian terberat tentang kesiapan Anda menjadikan usaha kesayangan Anda sebagai sebuah franchise. Apalagi kebanyakan orang memilih menjadi pengusaha karena mereka ingin menjadi orang yang memimpin. Jika Anda tak dapat mendalami dan menerima ide menyerahkan operasional usaha Anda kepada orang lain, Anda mungkin akan mendapat pengalaman buruk sebagai franchisor (pemberi lisensi).

Memang, Anda akan meyaring calon-calon franchisee, dan kemungkinan Anda akan menetapkan....

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright Sarang Ilmu © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.